Tanya Jawab BOS 2015

Berikut seputar tanya jawab mengenai BOS 2015 melalui website bos kemdikbud http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id

Tanya : Apa User dan Password yang digunakan untuk bisa login di http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/bos ?
Jawab : Silakan gunakan user dan password yang ada di http://sdm.data.kemdikbud.go.id

Tanya : sumber data di http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/bos mengambil data yang mana ?
Jawab : Baseline data BOS SM tahap 1 diambil dari
Dapodikmen semester ganjil tahun 2014/2015 sampai dengan tanggal 31
Januari 2015. Bagi Sekolah yang daTanya belum lengkap agar segera melengkapi sampai dengan batas waktu 1 Maret 2015

Tanya : Saya sudah entrikan nomor rekening sekolah di
aplikasi Dapodikmen, namun mengapa data di
http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/bos NOMOR REKENING BOS DALAM
PROSES ?
Jawab : Nomor Rekening BOS SM akan di tentukan oleh TIM BOS dari direktorat Teknis masing masing

Tanya : Pada tab Cek siswa ada data siswa “BELUM DI SK KAN DAN SUDAH DI SK KAN” Apa Maksudnya ?
Jawab :
Belum di sk kan : siswa – siswa tersebut belum di hitung dalam SK bantuan BOS SM.
Sudah di sk kan : siswa – siswa tersebut sudah di hitung dalam SK bantuan BOS SM.

Penentuan Belum di SK kan & Sudah di SK kan dilakukan oleh Tim BOS
Pusat sesuai dengan jadwal tahap pencairan BOS SM. Jumlah Siswa Belum SK
akan berubah secara otomatis setelah di SK kan oleh Tim BOS Pusat.

Tanya : Bagaimana kalau data yang saya entrikan
ternyata di bansos masih kurang, misalkan data di dapo.dikmen 251 dan di
bansos BOS SM kok masih 241, Kurang 10 siswa ?
Jawab : Silakan untuk siswa yang kurang 10 diperbaiki pada semester ganjil tahun 2014/2015. Dimungkinkan daTanya di semester genap sudah OK, tapi di ganjil ada 10 siswa yang masih di luar rombel.

Tanya : Mengapa fitur cetak di pakta integritas belum bisa di gunakan saat ini ?
Jawab : Fitur Cetak akan tampil pada Tahap 2 yang
merupakan rekap data dari tahap 1 dan tahap 2 yang nanti akan di tanda
tangani oleh kepala sekolah dan kemudian di upload di web
http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/bos

Tanya : pada data pelengkap sekolah, data SK Pendirian
sekolah, tanggal pendirian, SK Izin Operasional, Tanggal Izin
Operasional tidak sesuai, bagaimana cara memperbaikinya?
Jawab : perbaikan data izin operasional sekolah
dilakukan melalui layanan vervalsp.data.kemdikbud.go.id/sekolah silahkan
ikuti prosedur pengajuan perubahan data sekolah pada layanan tersebut

Tanya : Mengapa data Kepala Sekolah saya tidak update?
Jawab : Data Kepala Sekolah diambil dari data
dapodikmen dengan memperhatikan data tugas tambahan. Pastikan data tugas
tambahan Kepala sekolah sudah sesuai dan tidak ada data yang ganda,
untuk kepala sekolah yang sudah non aktif pastikan sudah melengkapi data
TST tugas tambahan tersebut. Lakukan perubahan pada dapodikmen kemudian
lakukan sinkronisasi data

Tanya : saya sudah merubah dan melengkapi data kemudian melakukan sinkronisasi, mengapa data tetap tidak berubah di baseline BOS?
Jawab : perubahan data Baseline BOS memang tidak
realtime untuk menghindari tingginya traffic, namun perubahan tersebut
dilakukan oleh system setiap pukul 2.30 dini hari.

Tanya : mengapa data Partisipasi BOS tidak berubah padahal data rincian sekolah pada dapodikmen sudah saya isi Siap menerima BOS?
Jawab : data partisipasi BOS diambil dari data
dapodikmen semester ganjil 2014/2015 , pastikan data rinci sekolah pada
bagian Siap menerima BOS sudah dipilih

Sumber : Baseline Dana Bantuan Operasional Sekolah

SMK Kabun

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *